Session 7 – Interaction Device

Selamat Siang. IMK sesi 7 akan membahas tentang “Interaction Device”. Yak sesuai dengan namanya, kita akan membahas perangkat-perangkat yang digunakan untuk berinteraksi antara user dan sistem / aplikasi. Dalam topik ini, kita akan membahas 5 sub-bab yaitu:

  • Introduction
  • Keyboards and Keypads
  • Pointing Devices
  • Speech and Auditory Interfaces
  • Displays-Small and Large

—————————————————————–

Introduction

Interaction Device atau perangkat interaksi adalah suatu jembatan bagi user untuk berkomunikasi dengan komputer, sistem, aplikasi, dan sebagainya. Hal ini mencakup input and output devices.

—————————————————————–

Keyboards and Keypads

Ada beberapa jenis Layout Keyboard yang ada di dunia:

Qwerty Layout

Adalah layout keyboard yang paling populer dan paling awal digunakan. Ditemukan pada tahun 1870 oleh Christopher Latham Sholes. Design dari keyboard layout ini menempatkan huruf-huruf yang sering digunakan berpasangan dalam jarak yang jauh sehingga meningkatkan jarak finger typing.

Gambar:

qwerty

 

 

 

 

Dvorak Layout

Ditemukan pada tahun 1920. Jarak Finger travel diperkecil daripada Qwerty Layout. Namun keyboard layout ini tidak diterima dengan baik oleh masyarakat luas. Membutuhkan kira-kira 1 minggu untuk mem-familiarkan diri dengan keyboard layout ini, namun user enggan untuk menghabiskan dan meluangkan waktu unutk mempelajari dan mengakrabkan diri dengan layout ini.

Gambar:

dvorak

 

 

 

 

ABCDE style

Style dimana huruf-huruf ditempatkan secara alphabetik. Membantu bagi yang jarang mengetik.

IBM Style

Dikritik karena penempatan beberapa special key yang tidak pada tempatnya dan tidak familiar dengan user seperti backslash key, beberapa special karakter di dekat ENTER key.

IBM

 

 

 

 

Number Pad Layout

Beberapa tipe keyboard yang ada:

  • Wireless and Foldable Keyboards
  • Virtual Keyboards
  • Cloth Keyboards
  • Soft Keys
  • Pens and Touchscreens

——————————————————–

Pointing Device

Pointing Device diciptakan untuk melakukan tugas-tugas sebagai berikut:

  • Select
  • Position
  • Path
  • Orient
  • Quantify
  • Text

Pembagian Pointing Device beserta kegunaannya masing-masing bisa dilihat di gambar dibawah ini:

Direct Control Pointing Devices

Light Pen-> memperbolehkan user untuk langsung melakukan pointing ke screen dan melakukan tugas-tugas tertentu dengan bantuan pen khusus

Touch Screen–> User dapat langsung berinteraksi melalui screen dengan touchscreen menggunakan jari.

Indirect Pointing Devices

Merupakan perangkat yang biasa kita gunakan dimana kita tidak langsung berinteraksi dengan screen tapi menggunakan alat bantu untuk melakukan penginputan

  • Mouse
  • Trackball
  • Joystick
  • Graphic Tablet
  • Touch Pad

Beberapa pertimbangan dalam memilih pointing devices:

Human Factor Variables

  • Kecepatan motion untuk jarak dekat dan jauh
  • Akurasi dalam positioning
  • Error Rates
  • Kemudahan dalam pemakaian
  • Kepuasaan user itu sendiri

Variabel Lain

  • Cost
  • Ketahanan / Durability
  • Ruang yang terpakai untuk pengoperasian
  • Berat
  • Penggunaan tangan kiri / kanan
  • Efek samping dalam pemakaian seperti mudah terjadi cedera karena design yang kurang baik
  • Kompabilitas dengan sistem lain

Hasil Perbandingan beberapa jenis pointing device:

  • Direct Pointing Device lebih cepat namun kurang akurat
  • Graphic Tablets lebih menarik ketika user bisa berlama-lama menggunakan device itu tanpa harus berpaling ke keyboard
  • Mouse lebih cepat daripada Isometric Joystick
  • Untuk melakukan tugas-tugas yang merupakan kombinasi antara typing and pointing, cursor keys lebih cepat dan lebih disukai user daripada mouse

Fitts’ Law

  • Index kesulitan penggunaan : log2(2D/W)
  • Waktu untuk point = C1+C2(index of difficulty)
  • C1 dan C2 adalah konstant yang tergantung pada perangkat tersebut
  • Waktu untuk precision pointing = C1+C2(index of difficulty) + C3 log2(C4/W)

———————————————————–

Speech and Auditory Interfaces

Karakteristik untuk speech interface

  • Continuous-speech recognition
  • Speech Store and Forward
  • System yang dibuat low cost / murah dan reliable / bisa dipercaya
  • Word Recognition harus berjalan dengan baik dan dapat membedakan kata-kata yang diucapkan user

Word Recognition

  • mengenal kata-kata yang diucapkan oleh seseorang, tingkat keberhasilan 90=98 percent untuk 20-200 kata
  • Speaker bisa memasukkan kata-kata sendiri (Speaker-Dependent Training) dengan mengulang kata-kata sebanyak sekali / dua kali secara lengkap
  • Speaker-Independent System dimana user tidak perlu menginput kata-kata sendiri namun sistem sudah mempunyai sistem kata yang bagus mulai banyak digunakan di aplikasi-aplikasi komersial tertentu

Voice Information Systems

  • Digunakan untuk servis-servis yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada user seperti tourist sites, jasa pemerintahan
  • Low Cost
  • Voice Mail
  • Audio Books
  • Instructional Systems
  • Handheld Voice Recorders

Speech Generation

Digunakan jika memenuhi kondisi dibawah ini:

  • Pesan nya simpel
  • Pesannya pendek
  • Pesan tidak diteruskan lagi nanti
  • Pesan tersebut membutuhkan respon pada saat itu juga
  • Lingkungan yang ada tidak cocok untuk penggunaan secara visual sehingga dibutuhkan speech generation

Audio Tones. Audiolization, Music

Feedback yang menggunakan sangat penting untuk:

  • Mengkonfirmasi action yang telah dilakukan
  • Memberikan warning / peringatan tentang aksi yang dilakukan / akan dilakukan
  • Untuk pengguna yang mengalami kesusahan dalam penglihatan
  • Music digunakan sebagai pembangkit suasana / mood seperti di games
  • Memberikan sesuatu yang berbeda bagi pengalaman user / user experience

————————————————————————

Display – Small and Large

Display adalah perangkat primer pengguna dalam berinteraksi dan mendapatkan feedback dari sistem / komputer

Display memiliki banyak fitur penting yaitu:

  • Dimensi fisik (Diagonal dimension dan kedalaman)
  • Resolusi
  • Warna yang tersedia
  • Luminance, contrast, glare
  • Power Consumption
  • Refresh Rates
  • Cost / Harga
  • Reliabilty

Beberapa jenis penggunaan yang membedakan display yang digunakan:

  • Portabilty
  • Privacy
  • Saliency
  • Ubiquity
  • Simultaneity

Teknologi-teknologi dalam Display

  • Monochrome Displays ->cukup dan low cost
  • RGB Shadow-Mask Displays -> titik kecil forfor berwarna merah hijau dan biru dipack secara rapat
  • Raster-Scan Cathode-Ray Tube (CRT) -> Electron Beam sweeping out lines of dots to form letters, Refresh Rates 30-70/s
  • Liquid-Crystal Displays (LCD) -> Voltage Changes menyebabkan polarisasi dari kapsul kecil dari liquid crystal. Flicker-free. Ukuran dari kapsul yang menentukan resolusi yang ada.
  • Plasma Panel-> baris dari kawat horizontal terpisah sedikit dengan vertikal oleh kapsul kaca yang kecil yang berbahan dasar gas neon
  • Light Emiting Diodes (LEDs) -> dioda tertentu memancarkan cahaya ketika diberikan tegangan, kumpulan dari dioda inilah yang dikumpulkan untuk menampilkan karakter
  • Electronic Ink -> Resolusi setara kertas. Terdiri dari Kapsul-kapsul kecil berisi partikel positif dan negatif
  • Braille Display

Large Display

Contoh:

  • Informational Wall Displays
  • Interactive Wall Displays
  • Multiple Desktop Displays

Heads-up and Helmet Mounted Displays

  • Heads-up displays bisa digunakan untuk memproyeksikan informasi ke screen di pesawat / mobil
  • Helmet Mounted Display (HMD) mengerakkan gambar / tampilannya bersama dengan usernya
  • 3D images
Advertisements

Posted on November 5, 2013, in Interaksi Manusia dan Komputer and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: