Sharing Xun Fa Xiang 9 Oktober 2014

Sharing Xun Fa Xiang 9 Oktober 2014

Train the Mind by Dealing With Worldly Matters

Jika kita mengerti Dharma, Dharma dan ajarannya akan selalu ada di batin kita. Kita akan selalu bisa mengerti segala fenomena yang terjadi di dunia ini. Dharma adalah kebenaran sejati. Kebenaran Sejati itu sebenarnya ada di dalam diri kita masing-masing Segala ajaran yang ada di dunia seperti biologi, astronomy dll dsb sebenarnya semuanya sesuai dengan kebenaran sejati itu yang ada di dalam diri kita semua.

Mengapa di dunia ini terjadi begitu banyak bencana dan kekacauan? Semua terjadi karena adanya jalinan jodoh. Oleh karena jalinan jodoh menciptakan masalah2 ini bagi manusia, ktia juga bisa menggunakan karma / jalinan jodoh ini untuk mengajari manusia. Kita menggunakan masalah duniawi untuk melatih batin kita dan menggunakan cerita untuk menyebarkan Dharma. Kita harus bisa memanfaatkan jalinan jodoh ini. Jika kita bisa memanfaatkan jalinan jodoh ini, secara alami Dharma akan ada di hati kita. Semua yang ada bawah langit yang sama berbagi ajaran yang sama.

Kita harus menjaga jodoh baik dan hubungan baik dengan sesama. Sewaktu kita berkumpul bersama, ada orang dengan orang lain memiliki jalinan jodoh yang positif, ada juga yang dengan orang lainnya memiliki jalinan jodoh negatif, jadi konflik bisa muncul dari percakapan kita. Ini datang dari sikap, bahasa, dll kita. Kita tidak boleh menciptakan suatu kondisi untuk diri kita sendiri sehingga ketika di masa depan, ketika kita akan melatih diri akan ada orang yang datang untuk mengganggu kita. Kekacauan yang datang dari hambatan seperti ini sangatlah menyusahkan. Sekarang setelah kita mengerti ajaran ini, kita harus cepat2 memcipatkan jalinan jodoh yang positif dan mengambil Buddha Dharma ke hati kita untuk memupuk kebijaksnaaan kita.

Karena Buddha penuh dengan berkah dan kebijaksanaan, Beliau dikagumi oleh semua orang di dunia. Seseorang harus mempunyai berkah dan kebijaksanaan agar orang lain bisa menerima dan mendengar ajaran. Ini datang dari “respek” , “Saya respek Anda dan ucapan Anda, Saya akan menerimanya”. Oleh karena itu, Beliau dikagumi oleh semua orang. Kekaguman orang lain ke Beliau memunculkan keyakinan yang dalam sehingga mereka berlatih menurut ajaran2 itu dan memupuk berkah dan kebijaksanaan. Dengan sekarang kita melatih diri, kita tidak boleh mengabaikan salah satu Dharma pun. Berkah dan kebijaksanaan harus dipupuk di kehidupan kita sehari-hari.

Dalam belajar Dharma, kita harus mengambil Jalan Tengah. Analoginya adalah suatu balok kayu besar yang ada di aliran sungai. Untuk bisa mengalir melalui sungai itu, Balok Kayu itu harus menjaga posisinya di tengah aliran sungai agar tidak tersangkut ke pinggir. Sama seperti belajar Dharma, kita tidak terlalu terikat ke kiri, tidak terlalu terikat ke kanan. Kita mengambil Jalan Tengah agar jalur kita bebas dari hambatan. Jika kita terlalu mengambil ke kiri, kita akan tersesat di suatu ajaran dan menyimpang kemana-mana. Contohnya jika kita terlalu melekat dengan hukum kekosongan, kita akan menyangkal adanya karma. Jika kita terlalu melekat dengan keberadaan / eksistensi, kita akan tersesat dalam berpikir bahwa di batu dan rumput ada dewa-dewa. Ada yang mengatakan jika itu benar, berarti ada dewa di sayuran kita. Jadi kita harus bagaimana? Ini akan sangat mempersulit bagaimana kita hidup. Jadi kita harus menggunakan kebijaksanaan kita dan memilih untuk mengambil Jalan Tengah. Kita harus mengambil Dharma yang Benar. Di kekosongan ada eksistensi dan hukum karma tentang sebab akibat. Untuk memajukan pelatihan diri kita, kita butuh karma dan jalinan jodoh. Kita perlu menciptakan jalinan jodoh ini dan mengerti itu.

Advertisements

Posted on October 10, 2014, in Default 1, Xun Fa Xiang and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: