Sharing Xun Fa Xiang 1 Oktober 2014 Episode 404

Sharing Xun Fa Xiang 1 Oktober 2014

All Buddhas Establish Skillful Means

Karena cinta kasih Buddha, Dia datang kedunia. Karena manusia banyak noda batin dan kegalauan, jdi Buddha perlu datang ke dunia ini dan mengajar menurut kegalauan kaum awam dan kemampuan mereka. Tujan Dia satu2nya adalah agar manusia bisa melenyapkan noda batinnya, satu per satu. Ini adalah cinta kasih Buddha. Semua Buddha melakukan ini, bukan hanya Buddha Sakyamuni. Buddha masa dlu, sekarang dan masa depan semuanya sama melakukannya. Mereka mengajar kaum awam dengar berbagai cara praktis.

Semua Buddha menapaki jalan yang sama. Tujuan mereka datang ke dunia adalah untuk mensucikan hati dan batin manusia dan membantu mereka melenyapkan kegalauan dan noda dalam batin.

Buddha mengajari kita di alam yang penuh keinginan ini. Segala sesuatu berasal dari keinginan. Dari keinginan itu timbulah karma, dari karma timbulah kondisi yang menimbulkan karma kembali. Akumulasi dari segala karma yang tidak berujung inilah yang menyebabkan penderitaan. Penderitaan berasal dari keinginan kita. Buddha mengajari kita bagaimana cara mengatasi keinginan tersebut, apa yang kita dapatkan dari keinginan tersebut dan bagaimana bisa mengaturnya. Bencana yang ada di dunia yang dibuat manusia juga merupakan akumulasi karma. Karma – karma yang terkumpul lah yang menjadikan penderitaan dan bencana di bumi ini.

Buddha juga mengajari kita apapun yang terjadi dunia ini berasal dari batin kita. Pikiran yang cuek akan menimbulkan 3 racun yaitu ketamakan, kemarahan dan ketidakpedulian. 3 racun ini bisa berkembang menjadi 5 racun yaitu ketamakan, kemarahan, ketidakpedulian, arogansi dan ketidakpercayaan. Ini semua datang dari suatu keinginan dari batin kita. Dari yang semula satu menjadi bertambah bertambah hingga menjadi tak terhingga. Ini yang terjadi di dunia kita, alam penuh keinginan.

Setelah kita mengerti Buddha Dharma, keinginan kita akan secara alami berkurang dan kita bisa dengan pelan mensucikan alam keinginan ini. Setelah disucikan, kita masih hidup di alam bentuk. Semua hal ada di alam bentuk ( form realm ), tapi batin kita tidak akan memunuclkan keinginan untuk merespon mereka. Kita bisa dengan jelas membedakan mana yang benar mana yang salah jadi kita tidak akan timbul noda batin. Jadi tidak ada bentuk apapun di dunia ini yang bisa mengganggu pikiran kita setelah kita bisa melihat mereka dengan jelas. Ini adalah alam bentuk. Alam bentuk ini juga bisa ditingkatkan. Bentuk bisa digunakan untuk menolong orang lain. Kita mungkin mempunyai banyak barang tetapi bukan hanya kita tidak tamak melekat dengan mereka, kita juga bisa memberikan semua yang kita punya kepada yang membutuhkannya. Bahkan jika kita tidak mempunyai apapun yang lain, kita masih mempunyai tubuh dan tenaga kita. Kita bisa menggunakan tubuh tenaga kita untuk secara aktif melatih diri memberi dan menolong mereka yang membutuhkan. Ini adalah alam tak berbentuk. Ketika perspektif kita sangat jelas dan murni, kita bisa melewati alam keinginan dan bentuk untuk melakukan kontribusi yang positif bagi dunia. Ini adalah 3 alam yang ada.

Di dunia ini kita melatih diri. Buddha datang ke dunia karena Dia mendapat pencerahan di sini. Tapi Dia telah lama mendapat pencerahan, kenapa Dia masih datang ke dunia? Dia melakukan ini agar manusia di alam keinginan bisa melenyapkan noda batin mereka. Jadi Buddha datang di antara orang2 untuk mengerti kegalauan duniawi mereka. Jadi berdasarkan kegalauan duniawi mereka, Buddha memberikan pengajaran yang spesifik untuk menanggulangi mereka. Tidak hanya cukup hanya dengan mengajar, tetapi juga membantu kita untuk mencoba mengalami ajaranNya. Dengan pengalaman itu, kita sadar bahwa berjalan di Jalan Bodhisattva dan membantu orang lain adalah sesuatu yang sangat membahagiakan.

Manusia sangat melekat dengan bentuk. Sutra Lotus banyak mengajarkan kita bagaimana melepas dari kemelekatan akan bentuk itu.

Advertisements

Posted on October 2, 2014, in Default 1, Xun Fa Xiang and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: