Sharing Xun Fa Xiang 23 September 2014 Eps 398

Sharing Xun Fa Xiang 23 September 2014 Eps 398

Use Wondrous Sounds to Make Offerings

Selama batin kita menginisiasi tindakan, semua jenis barang dan benda bisa diciptakan. Dengan 2 tangan kita, kita bisa melakukan hal baik, hal yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Tindakan manusia juga ada yang bisa melukai orang lain. Seperti para pembbuat narkoba, karma mereka sangat berat dan tidak akan bisa dibayar dalam 1 siklus kehidupan saja. Oleh karena itu, kita harus melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain dan kita harus melakukannya dengan hati yang murni dan batin yang tanpa noda yang datang dari rasa hormat kita. Semua hal yang kita perbuat harus dilakukan dengan hati yang penuh bersyukur dan penuh hormat. Ketika kita menciptakan barang, kita harus menciptakannya dengan hati yang bahagia dan penuh bersyukur.

Salah satu persembahan yang ada adalah dengan melalui suara. Ketika kita melantunkan Sutra, manusia bisa menghubungkan melodi yang ada dengan kalimat – kalimat dalam sutra tersebut. Dengan melantunkan Sutra atau mendengarkan Sutra, batin manusia bisa menjadi lebih damai, bahagia dan batin bisa terbuka. Ini juga salah satu cara untuk mengubah orang lain.
Membersihkan dan merapikan lingkungan vihara / temple juga merupakan salah satu bentuk penghormatan.

Dalam hubungan kita orang lain, jika kita penuh rasa hormat, kita bisa dengan alami menyentuh hati orang lain. Dengan berbagai cara dan keberadaan, kita bisa melayani dan memperlihatkan rasa hormat kita.

Suara dari berbagai instrumen menjadi satu dengan suara pelantunan sutra dan pujian membentuk banyak suara yang indah. Ada yang dibentuk dari berbagai instrumen / objek, ada yang dibentuk dari suara para praktisi spiritual. Semuanya bergabung menjadi satu. Selain kita memberi persembahan dan penghormatan dengan sesuatu yang nyata, kita juga harus melafalkan dan memberi pujian akan kebajikan Buddha. Hal ini memungkinkan bahkan jika kita hanya memciptakan satu suara, walaupun suara yang kecil, paling baik jika ditemani dengan satu lantunan melodi dan dengan suara yang keras sehingga suara itu bisa menyebar kemana-mana dan 1 alam semesta bisa mendengar Buddha mengajar Buddha Dharma.

Semua suara yang indah ini, semua persembahan datang dari hati yang penuh hormat. Jika kita memperlihatkan rasa hormat kita yang paling dalam dalam memuji Buddha, Dharma dan Sangha, dan memuji Dharma yang diajarkan Buddha, kita bisa menerima ke dalam diri kita Dharma tersebut dan menyebarkan dan melantunkannya kepada yang lain. Hal ini juga akan menyebabkan kita menanam suatu jalian jodoh dan karma untuk kita mencapai Kebuddhaan.

Bodhisattva selalu berikrar untuk memberi penghormatan kepada Buddha dengan penuh rasa hormat. Dengan penuh rasa hormat menerima dan mempraktekkan Buddha Dharma. Boddhisattva mempraktekkan Buddha Dharma dengan tindakan nyata. Keyakinan mereka membawa cinta kasih dan kebahagiaan dalam Buddha Dharma. Ini yang dilakukan Bodhisattva.

Advertisements

Posted on September 24, 2014, in Default 1, Xun Fa Xiang and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: