Sharing Xun Fa Xiang 17 September 2014 Episode 394

Sharing Xun Fa Xiang 17 September 2014 Episode 394

Adornments of Blessings and Wisdom

Setiap hari kita ada jodoh untuk ada disini dengan tubuh yang sehat, jadi kita harus selalu menciptakan berkah,. selain itu kita juga harus membina kebijaksanaan. tanpa kebijaksanaan, kita kekurangan sesuatu di pelatihan diri kita. Kita tidak hanya menciptakan berkah / berbuat sesuatu yang baik untuk mendapat penghargaan tetapi untuk membantu kita mendapatkan kebijaksnaan. kita harus membantu / berbuat sesuatu yang baik dengan tanpa pamrih.

Cara apa yang bisa kita gunakan agar setiap orang di dunia ini bisa hidup dengan damai? Kita harus menyebarkan Dharma. Dengan Dharma, seluruh tanah di bumi ini bisa murni dan hidup dengan damai. Kita bisa merasakan penderitaan orang lain seperti kita merasakan penderitaan sendiri, selalu bersyukur terharap orang lain. Dengan begitu, kita bisa hidup dengan tentram dan damai. Membina kebijaksanaan seperti memngumpulkan pahala. Dengan menyingkirkan noda batin dan kekacauan, kita juga membina kebijaksanaan. Jika kita masih ada noda batin, berarti kita belum cukup bijaksana, jadi kita harus lebih melatih diri. Di ajaran Buddha ada analogi 2 kaki sehat. 2 kaki sehat itu adalah berkah dan kebijaksanaan. Jika dua2 kaki tersebut sehat, kita bisa pergi kemana saja tinggal menetapkan 1 tujuan. Jika salah satu kaki sakit atau hanya ada 1 yang sehat, kita tidak bisa kemana2 semudah yang kita mau.

Kita semua ada sifat Kebuddhaan. Kita harus percaya kita ada sifat itu. Tetapi bagaimana kita bisa lebih dekat dengan Buddha Dharma? Buddha mengatakan dengan membangun stupa, vihara, patung, dll. Gambaran Buddha yang digambar oleh pelukis yang handal bisa menyebabkan rasa kebhagiaan bagi yang melihatnya dan memnbangun rasa hormat kepada Buddha. Dari rassa hormat itu, mereka bisa mendengar ajaran Buddha dan Dharma dan menerimanya. Tetapi jika yang mengambar Gambar Buddha itu adalah pelukis biasa, dia hanya akan menggambar sesuai instruksi orang dan tidak menempatkan hatinya dalam menggambar itu, dia akan seperti pipa yang diairi air, air itu akan selalu mengalir melalui pipa tetapi pipa itu akan tetap kosong dan kering karena air itu tidak akan pernah berhenti di pipa tersebut.

Ketika kita mengumpulkan berkah, kita juga harus membina kebijaksanaan. Seperti ketika kita dekat dengan wangi yang harum, ketika kita keluar, tubuh kita akan harum dengan wangi tersebut. Jika kita selalu berada di lingkungan yang baik dan melakukan hal baik, kita akan terbiasa dengan melakukan hal yang baik dan tanpa pamrih.

Ada orang yang tidak membina kebijaksnaan tetapi tau bahwa membantu orang lain akan mendatangkan berkah. Mereka akan mendapatkan berkah dan membantu orang lain. Tetapi ketika berkah mereka habis, karma mereka akan datang lagi baik yang baik atau karma buruk. Ketika kita mengumpulkan berkah kita juga harus membina kebijaksanaaan. Kita harus menghilangkan kemarahan, ketamakan dan ketidakpedulian.

Advertisements

Posted on September 18, 2014, in Default 1, Xun Fa Xiang and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: