Session 2 – Guidelines, Principles and Theories

Yak kembali lagi ke IMK dan saatnya memasuki ke sesi 2 yang akan membahas tentang Guidelines, Principles dan Theories. Guidelines atau kita sebut pedoman, Principles atau prinsip serta Theories atau teori. Mari kita bahas satu-satu.

Image

Guidelines

Guideline / pedoman adalah sesuatu yang men-guide kita dalam merancang suatu sistem / interface yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer. Berikut adalah beberapa pedoman yang ada yang dapat membantu kita dalam perancangan sesuatu sistem:

1. Navigating the Interface

Bagaimana mengatur navigasi antar muka (interface) ?

Beberapa hal yang patut diperhatikan seperti pastikan bahwa link-link yang ada di site kita tersebut memiliki dekripsi yang jelas, pergunakanlah headings yang unik namun jelas, gunakan checkboxes untuk pertanyaan ya atau tidak, rancanglah suatu halaman antarmuka yang jika akan diprint bisa ditampilkan dengan baik dan gunakanlah thumbnail untuk image agar proses loading tidak berjalan dengan lama

2. Organizing the Display

Bagaimana mengatur tampilan yang ada?

Dengan mengunakan teori yang dikemukakan Smith and Mosier, ada 5 hal yang menjadi pedoman kita dalam bekerja yaitu:

  • Data yang ditampilkan harus konsisten
  • Infomasi yang ditampilkan harus efisien bagi pengguna
  • Load Memory haruslah minimal
  • Input serta Output data haruslah saling kompatibel
  • User bisa dengan fleksibel mengatur data display

3. Getting the user’s attention

Bagaimana menarik perhatian pengguna?

Berikut adalah pedoman tentang beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menarik perhatian pengguna :

  • Intensity, Marking, Size,
  • Choice of Font, Inverse video
  • Blinking, Color, Audi

Principles_plan

Principles

Principles atau prinsip adalah hal-hal yang menjadi prinsip kita dalam melakukan perancangan sesuatu

1. Determine Users’ Skill Levels

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menentukan skill level dari calon pengguna/pengguna:

  • “Kenali Penggunanya”
  • Kenali usia,latar belakang, budaya,motivasi dia menggunakan sistem/aplikasi tersebut, edukasi serta personality
  • Tetapkan goals kita berdasarkan skill level yang ada seperti novice/first time users , user memiliki pengetahuan yang lumayan atau user yang expert dan sering menggunakannya
  • Designlah dengan multi layer

2. identify the Tasks

Cari tahulah kerjaan apa saja yang perlu untuk diketahui

  • Analisa tasks biasanya memerlukan waktu yang lama dengan mengamati dan mewawancara pengguna
  • Memecahbelah Task yang rumit
  • Susun Frequency Task

3. Choose an Interaction Style

Pilihlah jenis interaksi yang hendak digunakan:

  • Direct Manipulation / Manipulasi Langsung dimana task2 dibuat menjadi suatu object dan bisa tinggal diklik, di drag and drop dll dsb
  • Menu Selection / Sebuah set menu ditampilkan kepada user dan user tinggal memilih menu apa yang hendak dia jalankan
  • Form Fillin / Bentuk pengisian form
  • Command Language / menggunakan command2 khusus (contoh command prompt)
  • Natural Language

The Eight Golden Rules of Interface Design (Shneiderman and Plaisant)

images

8 Golden Rules ini sangat penting dalam dunia IMK. Kedelapan Rules ini adalah sebagai berikut:

  1. Stirve for Consistency (Berjuanglah untuk mencapai konsistensi / pertahankan konsistensi)
  2. Cater to Universal Usability (Penuhilah prinsip Universal Usability / Kebergunaan yang Universal)
  3. Offer Informative Feedback (Feedback yang diberikan haruslah informatif bagi user)
  4. Design dialogs to yield closure (Buatlah sebuah dialog untuk mencegah jika suatu aplikasi ditutup secara tidak sengaja)
  5. Prevent Errors (Buatlah suatu sistem yang dapat mencegah errors)
  6. Permit easy reversal of actions (Buatlah suatu sistem dimana kita bisa dengan mudah untuk kembali ke kondisi sebelumnya jika terjadi kesalahan)
  7. Support Internal locus of control (Design lah suatu sistem dimana user merasa bahwa dialah yang memulai aksi bukan hanya sebagai responden dari suatu aplikasi)
  8. Reduce Short Term Memory Load (kurangi hal yang perlu dihapal oleh user dalam menjalan suatu sistem)

Prevent Errors

Bagaimana kita mencegah error yang dapat terjadi?

  • Tampilkanlah error message secara spesifik, terdengar positif dan membangun
  • Warnailah / perjelaslah bagian atau aksi yang salah
  • Gunakanlah seleksi dalam menginput data daripada menginput secara bebas (freestyle typing)
  • Gunakan fitur automatic completion

images

Theories

Ada beberapa teori yang dapat membantu kita dalam perancangan suatu sistem / aplikasi.

1. Explanatory and Predictive Theories

Explanatory Theories membantu para designer dalam mengamati kelakukan users, menjelaskan aktivitas, menghasilkan designs, membandingkan konsep antar dua desain yang berbedan serta pelatihan pada sistem tersebut

Predictive Theories membantu designers untuk membandingkan waktu yang diperlukan untuk eksekusi suatu sistem dan tingkat kemungkinan terjadinya error dari design sistem yang telah ditetapkan

2. Perceptual, Cognitive and Motor Tasks

Perceptual atau Kognitif SubTasks theories membantu perancang untuk memprediksi waktu yang diperlukan bagi user untuk membaca dan menyerap text atau output atau display dari sistem/aplikasi yang telah dirancang

Motor Task Performance Times Theories membantu perancang untuk memprediksi waktu penekanan / pointing

3. Design by levelx

Foley dan Van Dam mengemukakan pendekatan empat level yang dapat digunakan dalam perancangan suatu sistem

  • Conceptual Levels (Model Mental users dalam sistem interaktif)
  • Semantic Levels (Deskripsikan arti yang keluar dari inputan user dan hasil display komputer)
  • Syntatic Level (Definisikan bagaimana kata-kata atau arti yang dihasilkan di sematic levels disusun menjadi suatu kalimat yang lengkap yang dapat digunakan untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan suatu tugas tertentu)
  • Lexical Level (Berurusan dengan ketergantungan device dan mekanisme tertentu dimana user menentukan syntax tertentu)

4. Stage-of-action models

Norman’s seven stages of action meliputi

  • Tetapkan tujuan
  • Hasilkan niat
  • Tentukan tindakan
  • Lakukan tindakan tersebut
  • Memahami kondisi sistem
  • Menafsirkan kondisi sistem
  • Mengevaluasi outcome / hasil yang terjadi

5. Consistency

images

Teori tentang konsistensi sebenarnya sukar dipahami karena dalam level yang berbeda, pemahaman dan penjelasan tentang konsistensi itu sendiri saling bertentangan. Terkadang tidak konsisten itu baik dan terkadang kita harus mencapai ke-konsisten-an itu

6. Contextual Theories

Tindakan dari user dipengaruhi oleh waktu dan tempat

Contohnya :

  • User mungkin tidak ada waktu untuk berhadapan dengan shortcuts atau syntax yang hanya bisa dipakai oleh device tertentu jika dalam keadaan terburu-buru
  • Ruang Fisik sangatlah penting bagi perangkat yang ada dimana-mana serta menyebar disegala tempat. Contohnya papan informasi di museum tentang lukisan didekatnya

Contoh penerapan Contextual Theories:

Suatu tingkatan prioritas dalam mengembangkan aplikasi mobile:

  • Memonitor dan menyediakan alert
  • Mengumpulkan informasi
  • Bisa terlibat dalam kolaborasi group
  • Bisa menemukan dan meidentifikasi benda sekitar / tempat sekitar
  • Mengabadikan informasi tentang benda/tempat tersebut dan menyebarkan informasi tersebut ke orang lain.

Sekian penjelasan tentang Guidelines,Principles and Theories pada sesi 2 IMK. Semoga dapat bermanfaat bagi semua orang.

Tidak peduli seberapa jauh jalan yang harus ditempuh dan selalu berusaha sebaik mungkin mencapai tujuan dengan kemampuan yang dimiliki, inilah yang disebut dengan keuletan – Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Advertisements

Posted on October 21, 2013, in Interaksi Manusia dan Komputer and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: